Google
 
Web cipto-kh.blogspot.com

Wednesday, March 15, 2006

What's up I??

First I want to say sorry that this topic is still in Indonesian language, because this topic is about my opinion aboout my country and I want all of Indonesian people can read it clearly so I must write it with Indonesian language so all the Indonesian people can read it without misunderstanding.

"Mungkin anda bingung dengan judul di atas, saya sengaja mengambil dari judul album Agnes Monica yaitu "What's up A?" dimana huruf "A" disini untuk Agnes, tapi saya rubah menjadi huruf "I" untuk Indonesia. Kemarin saya membaca koran, dan membaca kalau Exxon mobile sebagai operator blok cepu selama 30 tahun. Banyak yg pro dan kontra. Saya sendiri sebagai pihak yg kontra. Akhir2 ini kita sebagai masyarakat baru tahu kalo ternyata banyak kekayaan alam di negeri ini yang dikuasai pihak asing (dari negeri barat seperti AS) dan hasilnya saya rasa juga banyak dikeruk untuk pihak mreka sendiri. Saya sebagai orang awam juga tidak mengerti apakah perjanjian tsb menguntungkan Indonesia atau tidak, tapi yang saya lihat negeri ini tidak maju2 dan selalu hutang kepada bangsa barat.

Yang saya ingin berbagi cerita disini adalah keanehan bangsa ini, waktu saya kecil saya suka naik sepeda keliling sekitar rumah saya, saya paling benci jika saat saya maen sepeda ada anak2 yang dapat embel2 pribumi mengolok2 saya sambil berkata Cina, Cina, Cina trus mereka melempar batu ke sepeda saya. Saya sebenarnya ingin berkelahi dengan mereka tapi sudah berapa kali orang tua saya menasihati kalau tidak ada gunanya malah2 kita sekeluarga akan berada dalam kesulitan, lalu saya nurut saja. Sampai saya masuk SMP ada istilah ospek, dimana hari terakhir semua harus mencium bendera merah putih, saat SMU juga sama. Tapi meski saya sudah SMP maupun SMU, kalau bersepeda lalu berpas-pasan dengan mereka anak2 yg mendapat predikat pribumi saya selalu mendapat olokan yang sama ditambah dengan kata2 "jan*uk". Yang saya tangkap disini adalah kebencian mereka terhadap etnis saya, yaitu etnis Tionghoa. Tapi saya tak habis berpikir, RRC tidak pernah menjajah Indonesia, yg menjajah adalah Belanda, AS, Jepang, Portugis, Inggris, Spanyol tapi dengan orang barat mereka anak2 itu bisa berkata "hello mister", "good morning" dengan bangganya (saya saksikan sendiri waktu itu ada orang barat yang melewati sekumpulan anak2 pribumi).

Sekarang saya ingin bertanya yang membuat Indonesia hutang juga mereka bangsa barat itu, kenapa malah orang yang tidak pernah menjajah mereka malah benci? ini adalah keberhasilan Belanda dalam menjalankan devide et impera (pernah ditulis juga di koran Jawa Pos mengenai hal ini). Bandingkan Indonesia dengan bangsa2 yang bisa menjadi besar seperti RRC maupun Korea Selatan, RRC tidak membenci orang Indonesia jika kita ke sana, tapi mereka memang membenci bangsa AS, Inggris, Jepang dan bangsa2 lain yang pernah menjajah tanah mereka (RRC dahulu pernah dibagi menjadi jajahan 8 bangsa). Bangsa Korea juga membenci Jepang karena tentara Jepang pernah menjajah dan memperkosa banyak gadis2 Korea. Saya rasa bangsa ini banyak dibodohi dan untuk membuka mata mereka adalah pendidikan yang benar dan sesuai fakta. Bagaimana dengan anda??"

6 comments:

Anonymous said...

Setuju! Saya ikut prihatin dgn kisah masa kecil Anda. Walaupun saya adalah pribumi, tapi sejak kecil saya diajarkan untuk menghargai semua org (siapapun, tanpa membedakan agama/ras/kulit/harta/dlsb). Kecuali, thd org yg pernah berbuat jahat kpd saya secara langsung hingga org tsb meminta ma'af. Sehingga saya gak melihat ada alasan untuk membenci/memusuhi keseluruhan atas kesalahan sebagian. Semoga temen2 yg menjahati Anda sudah sadar saat ini.

Setiap kali berbicara tentang Indonesia, saya selalu teringat anekdot ini...

Di saat Tuhan sedang membuat bumi dan segala kandungannya, Tuhan dgn adil meletakkan sumber daya alam di tiap daerah. Ada tanah yg gersang tapi kandungan minyak buminya sangat melimpah. Ada tanah yg tidak subur, tapi kandungan emasnya banyak. Ada kepulauan tandus, tapi kekayaan lautnya beraneka ragam, dan lain sebagainya. Kecuali, ada 1 daerah di khatulistiwa dimana Tuhan meletakkan hampir seluruh jenis kekayaan alam di situ. Mulai tanah yg subur, hutan yg luas dgn beragam hewan di dalamnya, laut yg luas dgn isinya yg beranekaragam, kandungan minyak dan kekayaan bumi lainnya juga tersedia melimpah di sana. Atas pengecualian ini, salah seorang malaikat memberanikan diri mengajukan "protes" pada Tuhan. Si malaikat berkata: "Ya Tuhan, mengapa Engkau tidak adil dgn meletakkan hampir seluruh jenis kekayaan bumi di tempat itu?". Tuhan pun menjawab: "Aku tahu apa yg Aku lakukan, hai malaikat. Tunggulah, aku belum menentukan manusia2 yg akan memerintah di negeri ini. Setelah itu, kau akan melihat-Ku berlaku adil." :D

Anonymous said...

Saya juga tidak setuju dengan adanya perbedaan ras,kultur, agama, dll. terutama Ras, karena kita tidak minta untuk dilahirkan sebagai jawa,cina, inggris, ato yang lain. Tapi satu yang saya tahu dari cemoohan teman2x anda yaitu bahwa teman2x anda telah mendapat doktrin baik secara langsung dari ortu ato dari lingkungan. Itu terjadi karena kecemburuan sosial masyarakat "Pribumi" yang kurang bisa menerima pendatang baru "Tionghoa" meski sebenarnya mereka juga WNI. Mengapa tidak bisa menerima ? karena mereka takut kalah dalam bersaing dalam hal berdagang. Saya sendiri salut dengan orang "Cina" dengan keuletannya dalam berdagang terlepas " How To Play the market" tapi saya acungkan jempol untuk kreativitas, keuletan, dan semangat persaudaraan yng dibinanya sehingga kuat menopang kelangsungan berdagangnya sehingga mereka orang2x "Pribumi" merasa Iri terhadap kesuksesannya. Padahal tidak hanya orang "Cina", orang manapun asalkan ulet maka mereka juga akan sukses. Seperti orang Madura, Arab, India, ato yang lainnya. Jangan putus asa mas sekarang opini2x yang semacam ini sudah tidak relevan.

Cipto KH said...

I hope soo, thx for your comment.

Anonymous said...

Super color scheme, I like it! Keep up the good work. Thanks for sharing this wonderful site with us.
»

Anonymous said...

Your site is on top of my favourites - Great work I like it.
»

Anonymous said...

Your site is on top of my favourites - Great work I like it.
»